pulau kalong labuan bajo

Pulau Kalong Labuan Bajo, Informasi, Tips dan Waktu Terbaik

Pulau Kalong Labuan Bajo. Pulau di kawasan Taman Nasional Komodo memiliki karakterisitik berbeda-beda sehingga taman Nasional Komodo kaya dengan anek ragam flora dan fauna. Salah satunya Pulau Kalong.

Pulau Kalong Labuhan Bajo sesuai dengan namanya merupakan pulau yang di kelilingi hutan bakau tempat ribuan Kalong bersarang. Pulau kecil yang memiliki luas sekitar 5 hektare ini sebagian wilayahnya dipenuhi dengan hutan mangrove yang didalamnya menjadi tempat tinggal para kelelawar saat siang hari.

BACA JUGA : Tips Info & Waktu Terbaik ke Pulau Padar

Kalong-kalong tersebut akan menyapa Kamu saat senja, beterbangan sambil menemanimu menikmati keindahan sunset Pulau Kalong. Namun Kamu juga harus tetap waspada, karena selain Kalong terdapat pula ular Piton sebagai puncak dari rantai makanan. Pastikan untuk tetap waspada dan utamakan keselamatan.

Berikut kami informasikan informasi, tips dan waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Kalong di Labuan Bajo.

Lokasi Pulau Kalong

Lokasi pulau Kalong Labuhan Bajo terletak di antara deretan pulau-pulau kecil dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Tepatnya diantara Pulau Rinca dan Pulau Papagarang.

Pulau tak berpenghuni ini menjadi salah satu atraksi yang mulai mencuri perhatian wisatawan lantaran memiliki pemandangan matahari terbenam salah satu yang paling indah di Taman Nasional Komodo.

Cara Menuju Pulau Kalong

Apabila anda berangkat menggunakan pesawat, dapat turun di bandara terdekat atau disarankan turun di Denpasar (sekaligus mampir ke Pantai Sanur dan Kuta).

Dari Bali baru kemudian naik kapal Feri jarak jauh selama kurang lebih 4 sampai 5 jam ke Nusa Tenggara Timur. Sesampai di sana, naik bis umum ke pelabuhan Labuan Bajo lalu dilanjut dengan speedboat atau kano menuju pulau kalong sejuah 8 km atau memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan air.

BACA JUGA : Fakta Unik di Pulau Komodo

Untuk menuju Pulau Kalong, Kamu bisa menyewa speedboat dari Labuan Bajo yang membutuhkan waktu sekitar 30-50 menit. Semua pulau yang ada di kawasan Taman Nasional berlokasi di lautan sehingga transportasi laut merupakan jenis transportasi utama.

Sunset Pulau KalongKemudian trip dari pelabuhan Rinca akan di lanjutkan ke Pulau Kalong yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Sehingga jika di kalkulasikan dari Pelabuhan Labuhan Bajo menuju Pulau Kalong membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Perhitungan ini jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Rinca terdahulu baru sebelum ke Pulau Kalong, namun jika langsung ke Pulau Kalong jarak tempuhnya sekitar 1 jam 30 menit saja.

Aktifitas Menarik di Pulau Kalong

Pulau Kalong sendiri termasuk pulau yang unik di mana pulau ini di kelilingi oleh hutan bakau sehingga hutan bagian dalam terlindung dari manusia.

Pengunjung yang tiba di Pulau Kalong bisa melihat dari pinggiran hutan bakau ribuan kelelawar yang bergantungan dan terkadang seperti pohon berbuah kelelawar.

kalelawar pulau kalongSore hari pada saat matahari terbenam traveler akan melihat sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan.

BACA JUGA : Informasi ke Pulau Rinca Ada disini 

Bermula dari beberapa kelelawar yang berputar-putar kemudian terbang keluar pulau yang di ikuti ribuan kelelawar lainnya.

Pemandangan unik dan indah hanya bisa di lihat di Pulau Kalong, namun traveler hanya bisa mengabadikannya dari atas boat.

Harga Tiket Masuk ke Pulau Kalong

Sebenarnya tidak ada biaya khusus untuk mengunjungi Pulau Kalong Labuan Bajo. Anda hanya perlu menyiapkan biaya untuk menyewa kapal atau perahu guna mengunjungi pulau ini. Biasanya, biayanya cukup mahal bahkan mencapai jutaan rupiah.

Pulau Kalong FloresLantas gimana caranya ya biar nggak mahal? Kamu bisa mencari paket wisata yang ditawarkan oleh sejumlah agen travel dan trip di Labuan Bajo.

Waktu Terbaik ke Pulau Kalong

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Kalong adalah sore hari agar Anda bisa menyaksikan kelelawar sekaligus menikmati keindahan panorama matahari terbenam di sana. Usahakan datang di atas jam 4 sore hingga pukul setengah 7 petang ya beb.

BACA JUGA : Informasi, Tips dan Waktu Terbaik ke Pulau Kanawa

Siang hari tidak direkomendasikan sebagai waktu kunjungan ke pulau ini karena para kelelawar sudah kembali ke peraduannya dan Anda tak bisa menyaksikan kelelawar terbang di langit. Sayang sekali kan?

Tips ke Pulau Kalong

Banyak traveler yang ingin melihat dari dekat hingga bermaksud masuk ke pulau ini, namun hal ini tidak di sarankan. Berikut beberapa tips sebelum kamu ke Pulau Kalong.

Jangan Mendekat ke Pulau

Hamparan hutan bakau di sekeliling pulau yang di huni oleh ular pemangsa kelelawar membuat pulau ini tak pernah di jamah manusia. Banyak ular piton berukuran besar sebagai puncak rantai makanan disini. Kondisi inilah yang membuat Pulau Kalong tetap lestari dan aman dari pemburu yang akan merusak ekosistem pulau.

kalelawar di pulau kalong

Olahraga Air

Selain menikmati senja, kamu juga dapat melakukan aktifitas lainnya disini. Snorkeling dan diving adalah alasan mengapa wisata ini dikunjungi bukan hanya karena penampakan ribuan kalong saja. Yang paling dicari oleh para pecinta adrenalin sembari bermain dengan para manta dan ekosistem lain di air. Pengelola wisata di dekat pelabuhan tentu telah menyediakan sewa masker, fin, pelampung, tabung gas hingga pakaian menyelam dan renang.

Siapkan Kamera

Biasanya Kalong atau Kalelawar akan mulai keluar dari sarangnya sekitar pukul 16.30 waktu setempat sampai matahari terbenam. Jadi persiapkan gadget atau kamera kamu ya untuk mengabadikan moment ini beb.

BACA JUGA : 10 Tempat Terbaik di Taman Nasional Komodo

Nah gimana, udah siapkan untuk ke Pulau Kalong di Labuan Bajo? Tunggu apa lagi. 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Main Menu