pulau komodo, taman nasional komodo

Pulau Komodo Labuan Bajo, Rumah Sang Naga Purbakala

Pulau Komodo Labuan Bajo. Pulau Komodo menjadi rumah bagi kadal terbesar di dunia – komodo – yang dinamai menurut nama pulau tersebut. Ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang menawarkan pemandangan menakjubkan, satwa liar yang unik, dan pengalaman sekali seumur hidup.

Pulau Komodo merupakan salah satu dari 17.508 pulau di Indonesia. Namun karena keunikannya, Pulau Komodo dianggap sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Alam Baru.

Komodo tidak diragukan lagi merupakan daya tarik utama pulau ini. Meskipun ada lebih banyak fitur yang membuat tujuan ini begitu istimewa. Dari fauna dan flora asli yang eksklusif hingga pantai pasir merah muda yang mempesona, ada banyak aktivitas untuk Kamu nikmati.

Komodo Dragon, Naga Purbakala IndonesiaAda juga tempat-tempat menakjubkan di dalam taman nasional untuk melakukan snorkeling dan menyelam yang memberi Kamu kesempatan untuk menjelajahi kehidupan laut Komodo. Dengan lebih dari beberapa pengalaman yang ditawarkan, tidak ada alasan untuk tidak berkunjung!

Dimana Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah bagian dari kepulauan Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik antara Labuan Bajo di pulau Flores dan pulau Lombok.

Terletak di Taman Nasional Komodo, pulau Komodo adalah pulau terbesar ketiga dari empat yang membentuk Taman Nasional, dengan luas permukaan 390 kilometer persegi dan sekitar 2.000 penduduk yang tinggal di pulau itu sendiri.

Bagaimana Cara ke Pulau Komodo

Pertama, Kamu harus pergi ke kota utama Labuan Bajo, Flores. Ada beberapa penerbangan dari semua bandara besar di seluruh Indonesia termasuk Bali, Lombok, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan bandara Kupang.

BACA JUGA : Pulau Kelor, Pulau Indah di Labuan Bajo  

Di Labuan Bajo, Kamu akan menemukan banyak sekali penawaran akomodasi yang sesuai dengan selera dan kantong setiap orang. Ini adalah tempat yang bagus untuk tinggal sebelum dan sesudah petualangan Kamu di sekitar taman nasional.

Taman Nasional KomodoSetelah Kamu mendarat dengan selamat di Labuan Bajo, Kamu akan membutuhkan perahu untuk keluar ke pulau-pulau tersebut, dan perjalanan dari Labuan ke Komodo memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Waktu Terbaik ke Pulau Komodo

Kapan sih waktu terbaik kesini?. Sebaiknya Kamu berkunjung saat musim kemarau yaitu antara bulan April dan Desember.

Taman Nasional Komodo buka 365 hari setahun. Tapi apabila hujan lebat, terutama pada bulan Januari dan Februari, tur dapat dibatalkan. Untuk menghindarinya, jangan memesan perjalanan Komodo Kamu selama bulan-bulan tersebut.

melihat komodo dengan trekking

Source : jonnymelon.com

Antara bulan April dan Juni, pulau Komodo ditutupi dengan lanskap hijau yang menjadikannya waktu yang tepat untuk mengambil beberapa gambar yang indah.

Antara bulan Juli dan Agustus, cuaca masih dapat diterima, tetapi perlu diketahui bahwa Kamu mungkin menemukan pulau itu penuh dengan turis, dan karenanya lebih sulit untuk mengalami alam dan kesederhanaan Komodo.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Komodo Indonesia adalah antara bulan September dan November karena beberapa alasan seperti cuaca yang baik dan suasana yang damai.

Harga Tiket Masuk Pulau Komodo

Berdasarkan informasi dari Instagram resmi, kami informasikan harga tiket masuk warga negara asing Rp 150.000 (Senin-Sabtu) & 225.000 (Minggu & Hari Libur Nasional). Harga tiket masuk warga negara Indonesia Rp 5.000 (Senin-Sabtu) & Rp 7.500 (Minggu & Hari Libur Nasional).

Pulau Padar Labuan Bajo, tiket masuk pulau padar dan taman nasional komodo

Source : kataomed.com

Selain tiket masuk, ada juga biaya untuk aktifitas berwisata di Taman Nasional Komodo. Untuk trekking dikenakan biaya Rp 5.000, Snorkling Rp 15.000, Melihat Satwa Liar Rp 10.000. Ada juga biaya aktifitas wisata lainnya seperti Diving Rp 25.000, Memancing (Rp 25.000) dan keperluan fotografi (Rp 250.000)

Harga di atas adalah harga untuk per orang dalam 1 hari untuk setiap lokasi ya beb.

Fakta Tentang Pulau Komodo 

Salah satu fakta utama tentang komodo yang masih belum diketahui sebagian orang, sebenarnya bukan komodo melainkan kadal raksasa yang bisa tumbuh hingga tiga meter.

Seperti namanya, komodo di Indonesia merupakan hewan endemik Taman Nasional Komodo. Itu berarti mereka tidak ada di tempat lain di dunia, jadi jika Kamu suka melihat makhluk besar yang menakjubkan ini, ini adalah satu-satunya tempat di bumi untuk melakukannya.

komodo dragon, hewan langka eksotik Indonesia

Source : jonnymelon.com

Fakta menarik lainnya adalah bahwa ekor komodo berukuran sama dengan tubuhnya, dan mereka menggunakan dongengnya untuk menyerang hewan lain.

BACA JUGA : Pulau Kanawa Labuan Bajo, Intip Ada Apa Aja disini!

Kadal raksasa ini juga bisa berenang! Mereka bukan hanya raja di darat, tetapi juga raja di air. Percaya atau tidak, komodo bisa berenang di antara lima pulau tempat tinggal mereka, yang jaraknya bermil-mil jauhnya.

Fakta aneh tentang komodo adalah ditemukannya bukti fosil di Australia yang menunjukkan bahwa komodo berasal dari Australia, empat juta tahun yang lalu.

Komodo tidak hanya kuat dan mampu membunuh manusia dengan dongeng atau gigitannya, tetapi juga berbisa. Beberapa ilmuwan membela bahwa Komodo memiliki bakteri di lidah mereka yang dapat membunuh manusia dalam hitungan jam, namun, yang lain percaya bahwa racunnya terbuat dari protein yang mirip dengan racun ular.

BACA JUGA : Bujet ke Labuan Bajo? Cek disini Ya Biar Ga Kemahalan!

Meskipun gigitan Naga Komodo berbisa bagi hewan dan manusia lain, mereka tidak berbahaya bagi individu lain dari spesies yang sama.

Komodo adalah hewan karnivora dan mereka mampu memakan hingga 80 persen dari berat tubuhnya dalam sekali makan! Jangan main-main dengan orang-orang ini!

Aktifitas di Pulau Komodo

Jika Kamu bertujuan untuk menghabiskan satu hari, atau bahkan hanya beberapa jam di Pulau Komodo, ada berbagai tur berpemandu yang bisa memakan waktu satu jam hingga delapan jam. Titik awal rute terletak di dekat kantor tiket ketika Kamu tiba.

Ada jalur pendek yang cocok untuk semua pengunjung, jalur menengah di mana Kamu mungkin tidak hanya dapat melihat beberapa komodo tetapi juga hewan endemik lainnya seperti rusa timor.

wisatawan berkunjung melihat komodo

Source : jonnymelon.com

Jika Kamu menyukai jalur pendakian yang lebih panjang yang dapat memakan waktu hingga tiga jam, Kamu akan melewati beberapa tempat indah dan menemukan berbagai area tempat komodo menghabiskan waktu mereka.

BACA JUGA : Destinasi Wajib dikunjungi Saat di Labuan Bajo

Itu adalah wisata hiking paling populer, namun, ada pilihan lain yang lebih panjang bagi mereka yang ingin mengalami petualangan besar dan mengasyikkan.

Selama tur Komodo ini, pemandu berbahasa Inggris akan memberi tahu Kamu beberapa keingintahuan tentang komodo dan satwa liar lainnya di pulau itu, dan Kamu akan dapat melihat bagaimana komodo hidup di habitat aslinya dan bahkan dapat melihat beberapa sarang mereka. .

Di pintu keluar, Kamu akan menemukan toko suvenir. Kamu bisa membeli beberapa hadiah eksklusif sebagai oleh-oleh. Ada juga penjual makanan dan minuman di pintu keluar jika Kamu merasa sedikit haus dan lapar.

wisatawan bersama ranger di Pulau Komodo

Source : jonnymelon.com

BACA JUGA : Pulau Padar, Apa Aja Yang Bisa Kamu Lihat di Pulau Padar?

Jika Kamu memilih untuk mengunjungi pulau ini, Pasti deh bakalan ga nyesel banget. Begitulah aktifitas yang bisa kamu dapatkan ketika kamu berkunjung ke Pulau Komodo. Dari mengamati kadal terbesar di dunia, berenang, hingga bermain di pantai. Kamu akan sangat senang dengan kunjungan Kamu ke pemandangan yang luar biasa ini!

 

3 Comments

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Main Menu