Destinasi Indonesia Bak Negeri Dongeng

Di cerita-cerita dongeng, kamu bakal menemukan berbagai tempat yang super indah. Tapi apakah ada tempat yang layaknya di negeri dongeng? Jawabannya ada. Bahkan kamu bisa datang ke sana untuk menikmati keindahannya.

Seperti yang bakal Open Trip ID bahas berikut ini. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat itu sepanjang waktu. Bareng Open-Trip.id juga oke, enggak perlu ribet pakai seabreg perencanaan.

Baca juga: 4 Keuntungan yang Kamu Dapat di Open Trip ID

1. Bukit Wairinding, gelombang perbukitan sepanjang mata memandang

Bukit Wairinding

Bukit Wairinding (Foto: Instagram/djmauralee.id)

Bukit Wairinding ada di Pambotanjara, Waingapu, Sumba Timur, Pulau Sumba. Kalau kamu pergi dari pusat kota, kira-kira cuma 30 menit perjalanan. Dekat kan?

Bukit Wairinding mulai dikenal dunia luar waktu keekspos film Pendekar Tongkat Emas. Sejak itu tempat ini jadi andalan wisata lokal sampai menggaet pelancong berbagai wilayah.

Pemandangannya sangat indah, perbukitan bergelombang sepanjang mata memandang. Warnanya hijau menghampar atau kekuning-kuningan kalau kamu ke sana waktu musim kemarau. Sangat cocok buat yang suka fotografi.

2. Wae Rebo, negeri dongeng yang mendunia

Wae Rebo juga dunia dongeng dari Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya ada di Kabupaten Manggarai. Wae Rebo itu nama sebuah desa yang bukan lagi terkenal di dalam negeri, tapi menarik perhatian dunia.

Ada apa di sana? Kamu bisa lihat rumah-rumah tradisional berbentuk kerucut, berlatar belakang bukit indah nan hijau. Ada 7 rumah utama sangat besar. Bentuk unik dan yang bikin tambah keren berada di dataran tinggi dengan pemandangan keren.

3. Hutan Mangrove Bintan, dunia kunang-kunang

Kunang-kunang Hutan Mangrove Bintan

Kunang-kunang Hutan Mangrove Bintan (Foto: www.smithsonianmag.com)

Kamu pernah tinggal dengan ribuan kunang? Enggak kebayang kan gimana indahnya dikelilingi lampu-lampu kecil bagai di dunia dongeng. Kamu bisa merasakan sensasi luar biasa ini di Hutan Mangrove Bintan.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Luar Negeri? Cari Tahu Dulu Cara Buat Paspor Online

Jalan jalan ke hutan mangrove ini selalu identik dengan fireflies tour atau tur kunang-kunang. Kamu mungkin gampang main ke banyak hutan mangrove di seluruh Indonesia, tapi gak bisa menemmukan kunang-kunang sebanyak di sini.

Hutan mangrove ini ada di Muara Sungai Sebong, Bintan, Kepulauan Riau. Ingat-ingat, berkunjung ke Bintan enggak seru kalau enggak mampir ke sini.

4. Banyuwangi, rimbunan pohon tua bak di Film Harry Potter

Jawatan

Jawatan (Foto: Iinstagram/ayusyahiraganda)

Inget pemandangan pohon oak di film Harry Potter? Pohon kelihatan tua, batangnya kehijauan penuh lumut, dahan-dahannya kokoh menyebar ke segala arah. Selain cuma di film, pemandangan itu memang ada di dunia nyata, tempatnya dikenal angel oak berada di Karolina Selatan, AS.

Pohon memang bisa bikin gambaran tambah dramatis. Nah, di Indonesia suasana bak di negeri dongeng seperti itu juga ada, lho. Kamu bisa datang ke Jawatan Perhutani, Banyuwangi, Jawa Timur. Pemandangan di sini dipenuhi pohon-pohon raksasa bikin suasana seperti di film-film fiksi.

5. Dieng, negeri di atas awan

Negeri di atas awan

Kurang lengkap bahas tempat bak di negeri dongeng kalau enggak ada Dataran Tinggi Dieng. Tempat ini dijuluki Negeri di Atas Awan karena berada di dataran tinggi dan terdapat desa di sana. Dieng juga destinasi wisata populer di Jawa Tengah terutama saat acara Dieng Culture Festival.

Penduduk desa mayoritas merupakan petani. Di sana kamu bisa menemukan beragam objek wisata ketinggian yang tak bisa ditemukan di tempat lain, seperti wisata telaga, kawah, candi abad ke-7, hingga pertanian khas pegunungan. Biasanya saat pagi atai sore hari, permukiman, areal wisata, dan pertanian terutup embun bak kamu ada di negeri awan.

Nah, itu dia negeri-negeri dongeng ala Open-Trip.id. Kamu bisa rencanakan perjalanan kamu ke tempat-tempat eksotis itu dengan Open-Trip.id, bersama orang-orang tersayang berwisata negeri dongeng. (*)

Baca juga: 5 Pantai yang Dihiasi Batu Granit Raksasa

membership-open-trip-id (1)

Main Menu