Siapkan Travelingmu di Masa Self-Quarantine

Pandemi Virus corona baru atau COVID-19 memang mengacaukan segala rencana, termasuk jadwal perjalanan para traveler sejati. Kamu harus melakukan self-quarantine di rumah masing-masing agar penyebaran virus yang berasal dari Provinsi Wuhan, Cina itu bisa ditekan.

Tapi, ketika self-quarantine bukan berarti kamu tak bisa melakukan perjalanan travelmu nanti. Kamu bisa kok melakukan beberapa persiapan dan membuat rencana liburan usai pandemi virus corona mereda. Berikut Open-Trip.id catat beberapa persiapan travelling saat masa self-quarantine.

1. Kuatkan fisik

Olahraga

Tetap olahraga (Foto: Pixabay/klimkin)

Berdiam di rumah bukan berarti kamu enggak berkegiatan. Justru saat ini waktunya kamu lebih banyak berolahraga untuk persiapan travelling terutama yang membutuhkan kekuatan fisik seperti hiking atau tracking.

Baca juga: Yuk Kenali Perbedaan Flu dan Infeksi Virus Corona

Ada banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah, misalnya senam, peregangan, angkat berat, yoga, atau lari-lari kecil untuk menguatkan kaki. Kamu masih aman kok olahraga di halaman rumah. Sangat bagus juga olahraga sambil berjemur di bawah matahari pagi.

2. Kumpulkan perlangkapan travelling

Kumpulkan perlengkapan traveling (Foto: Pixabay/veerasantinithi)

Kadang-kadang perlengkapan travelling tercecer ke mana-mana. Saatnya kamu coba cari lagi di mana kamu menyimpan tas-tas travelling kecil atau travel kit yang sudah lama tak digunakan?

Stay at home membuat kamu lebih punya waktu mempersiapkan perlengkapan apa yang harus dibawa untuk travelling kamu nanti. Kamu juga bisa berburu barang-barang yang kamu inginkan secara online.

3. Waktunya kamu menabung

Siapkan uang untuk perjalanan

Siapkan uang untuk perjalanan (Foto: Pixabay/stevepb)

Self-quarantine bisa berarti pengeluaran kamu lebih hemat. Kamu enggak perlu main ke luar, nongkrong-nongkrong, ke mal, atau travelling sementara waktu. Uangmu bisa ditabung lebih lama buat agenda travelling impian kamu.

Baca juga: Yuk Buat Hand Sanitizer yang Direkomendasikan WHO

4. Perbanyak referensi dengan membaca

Periksa kelengkapan dokumen

Cari referensi (Foto: Pixabay/Pexels)

Nah, ini juga bisa punya banyak waktu untuk membaca. Bagi kamu penyuka travelling, membaca buku-buku referensi wisata, budaya, kesenian, atau sejarah kota/negara tentu sangat asyik.

Kini membaca buku bisa dilakukan dengan mengakses jutaan e-paper lewat internet. Kamu juga bisa hunting buku-buku lewat online. Dijamin kamu enggak bakal bosan di rumah.

5. Mencari ide travelling dengan menonton film

Eat, Pray, Love

Julia Robert di film Eat, Pray, Love (Foto: IMDb)

Nah, self-quarantine pasti sangat menyenangkan bagi penyuka film. Kamu bisa menonton film kesukaan kamu sepuasnya ketika stay at home. Ada banyak film-film bertema liburan yang bisa menjadi referensi travelling kamu ke dapan.

Berdiam di rumah bukan berarti kamu mati gaya di rumah, ya. Keterbukaan akses lewat internet membuat kamu bisa menjelajahi apa saja, ke mana saja, tanpa batas wilayah atau negara.

Nah, sudah dulu ya tips persiapan travelling di masa self-quarantine dari Open-Trip.id. Ingat, semua orang punya peran sangat penting untuk memotong penyebaran virus corona. Tinggal di rumah bisa jadi kamu telah menyelamatkan keluarga dan banyak orang dari paparan virus ini. (*)

Baca juga: Mumpung ‘Libur’ Traveling, Ayo Bersihkan Kopermu

membership-open-trip-id (1)

Main Menu