Tanggal 22 Juni Empat Wisata Gunungkidul Bakal Dibuka

DINAS Pariwisata Gunungkidul akan membuka secara terbatas beberapa objek wisata pada 22 Juni 2020. Di tahap awal pembukaan bersifat sebagai uji coba. Pengunjung akan dibatasi jumlahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan objek wisata yang akan mulai dibuka adalah Pantai Baron, Pantai Kukup, Gunung Api Nglanggeran dan Goa Kalisuci.

Baca juga:

Destinasi Indonesia Bak Negeri Dongeng

“Kita akan lakukan uji coba pembukaan pariwisata di 4 destinasi wisata tersebut pada Senin 22 Juni jelas Asti di Yogyakarta Senin (15/06).

Uji cobanya dilakukan untuk melihat kesiapan pengelola serta penjual di destinasi wisata menerapkan new normal.

Dalam uji coba ini jumlah pengunjung dibatasi hanya maksimal setengah dari kapasitas biasanya. Pengunjung juga akan di tes suhu, diwajibkan menggunakan masker serta mencuci tangan atau penggunaan hand sanitizer.

Pantai Kukup (Foto: MerahPutih/Fredywansyah)

Pantai Kukup (Foto: MerahPutih/Fredywansyah)

Usai uji coba dilakukan pemerintah Gunungkidul akan melakukan evaluasi dan kemudian melakukan ujicoba massal kepada seluruh destinasi wisata.

“Jangan sampai usai dibuka malah terjadi penyebaran baru di destinasi wisata Gunungkidul. ini akan merusak Citra pariwisata kita,” tegas dia.

Sementara itu Pemkab Gunungkidul sudah mengijinkan destinasi wisata yang dikelola swasta mulai beroperasi terbatas pada senin 15 Juni 2020.

Sekretaris Dinas Pariwisata Harry Sukmono di Gunungkidul mengakui animo wisatawan yang akan berlibur ke objek wisata di Gunungkidul sangat tinggi. Pantai menjadi lokasi wisata favorit para pelancong.

Pantai Kukup (Foto: MerahPutih/Fredywansyah)

Pantai Kukup (Foto: MerahPutih/Fredywansyah)

Saat ini dalam sehari pihaknya harus menolak ratusan kendaraan wisatawan yang akan menikmati liburan di sepanjang pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Pengunjung baik yang menggunakan motor ataupun mobil yang kami larang masuk jumlahnya sampai ratusan. Itu dari pagi sampai malam,”kata dia.

Ia meminta masyarakat untuk bersabar menunggu pembukaan destinasi wisata minggu depan.

Baca juga:

Tahap yang Harus Dilalui Sebelum New Normal

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, warga di kawasan pantai terutama kawasan Pantai Kukup dan Baron sudah mempersiapkan diri dengan melakukan bersih-bersih kawasan. Selain itu juga mempersiapkan beberapa lokasi cuci tangan.

“Kami sudah melakukan simulasi. Namun kebijakan pembukaan objek wisata kewenangan Pemkab,” katanya. (*)

Artikel ini diambil dari Tulisan Merahputih.com berjudul: Objek wisata Gunung Kidul dibuka terbatas 22 Juni

membership-open-trip-id (1)

Main Menu