Hai travelers, apa yang ada dibenak kalian jika mendengar Pulau Lombok yang berada di NTB? Ya, Pulau Lombok terkenal dengan sebutannya pulau seribu masjid, dimana banyak menyimpan keindahan alam, dari gunung sampai dengan pulau kecil yang dimilikinya.

Salah satu pulau kecil yang terkenal di Lombok adalah Gili Trawangan. Akhirnya, setelah sekian lama saya bisa berkunjung ke Gili Trawangan dan Lombok Tengah dengan bermodal nekat dan pastinya uang yang serba pas.

Hari Pertama,

Saya berangkat dari Malang ke Surabaya dengan menggunakan kereta api perjalanan pertama yaitu jam 05.00 shubuh dan turun di stasiun waru.Setelah itu saya menggunakan jasa taxi menuju bandara juanda, saya memilih penerbangan pagi hari agar tidak sampai terlalu malam, karena ini merupakan kali pertama saya travelling ke Lombok.

Pukul 11 saya sampai di bandara Lombok praya, dan sambil menunggu rentalan motor saya, setelah motor datang saya langsung menuju Pelabuhan Bangsal dengan bermodalkan google maps. Bandara menuju pelabuhan ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam. Selama perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan sawah, dan permukiman penduduk.

Menurut saya, Lombok masih sangat sepi, namun tetap aman kok guys. Selain itu, selama perjalanan kita akan melewati salah satu masjid terbesar di Lombok, mungkin bagi yang muslim bisa sekalian sholat disana, karena mesjidnya sangat bagus. Sesampainya di pelabuhan bangsal, saya langsung menitipkan motor ditempat penitipan motor, dan memesan tiket kapal untuk menyebrang ke Gili Trawangan yang ditempuh selama 30 menit.

Untuk menyebrang ke Gili Trawangan kalian bisa menggunakan speed boat/fast boad namun mahal, atau kapal kayu biasa yang murah. Saya sampai di Gili Trawangan pada sore hari, dari pelabuhan di Gili menuju resort saya berjalan kaki, namun jika kalian membawa banyak uang kalian bisa menggunakan cidomo atau sejenis delman yang ada disana.

Setelah berjalan 5 menit an ke resort saya langsung disuguhi dengan minuman dingin oleh pihak resort, kemudian istirahat sebentar dan melanjutkan perjalanan yaitu berjalan kaki menyelusuri pantai sambil menunggu sunset. Namun, karena mendung akhirnya saya tidak bertemu sunset.

Hari Kedua,

Saya berkeliling menyusuri pantai dengan berjalan kaki sambil berharap dapat melihat sunrise, namun karena mendung saya tidak bisa melihat sunrise. Setelah selesai bersantai sehabis kelelahan menyusuri pantai saya kembali ke resort untuk sarapan. Saya kembali ke resort dengan melewati permukiman penduduk dan resort-resort yang berada dibagian dalam.

Menurut saya pribadi, ada perbedaan yang signifikan antara pemandangan dibagian luar dan dalam, di bagian dalam ada banyak pohon kelapa namun tidak terjaga dengan baik, dan terdapat tempat pembuangan sampah yang besar, yang dimana saya bingung sampah tersebut akan diapakan, apakah dibakar atau bagaimana.

Sedangkan bagian depan, pantai-pantai sangat indah dan juga bersih. Setelah itu saya sampai di resort dan langsung sarapan dengan view menghadap pantai langsung. Siang hari saya memutuskan untuk menyewa sepeda dengan harga 50 ribu, dengan sepeda tersebut saya mengelilingi pantai dari ujung ke ujung dan berfoto-foto ria, serta jangan lupa untuk membeli kenang-kenangan seperti tas rajut, namun jangan lupa juga untuk melakukan penawaran jika dirasa harganya lebih mahal dari instagram guys.

Kegiatan yang bisa kita lakukan di Gili Trawangan :

1. Berjalan Kaki menyusuri pantai

Kalian tau ga guys, di Gili Trawangan itu tidak ada kendaran bermotor, jadi insyaAllah bebas polusi. Nah, untuk itu alangkah baiknya kalian menikmati pantai di Gili trawangan dengan berjalan kaki disepanjang pantai, sambil melakukan selfie atau berfoto dispot-spot yang instagrammable.

1. Bersepeda

Jika  kalian orang yang cepat capek, atau takut capek, kalian bisa menyewa sepeda loh guys, harga sewa sepedanya juga sangat terjangkau sekitar 50 – 100 ribu tergantung jenis sepeda mana yang ingin kalian pakai. Menikmati keindahan gili dengan berkeliling menggunakan sepeda apalagi ditemani pasangan hidup akan sangat menyenangkan loh.

1. Naik Cidomo

Cidomo ini seperti delman guys, kalian bisa berkeliling dan membawa barang-barang kalian dengan menggunakan cidomo, gausah takut naik cidomo ya, karena ada mas-mas yang mengendarai dan sudah ahli, kita tinggal duduk manis dan menikmati keindahan alam Gili Trawangan.

1. Snorkeling, dan diving

Kalian bisa snorkeling juga loh guys, karena ombaknya yang tenang, jadi kalian ga perlu takut dengan ombaknya yang besar, serta kalian bisa diving baik secara pribadi atau bareng dengan orang-orang lain jika ingin lebih hemat. Nantinya kalian akan dibawa ketempat bawah laut yang sangat indah, seperti melihat penyu, kura-kura dan hewan-hewan laut lainnya.

1. Dinner

Gili Trawangan bagi sebagian orang menjadi salah satu tempat honeymoon guys, nah kalau lagi honeymoon, recommended banget kalo kalian ngajak pasangan dinner romantis dengan view pantai yang sangat indah itu.

Hari Ketiga,

Dokumetasi : Iliya
Bukit Merese – Dok. Iliya

Pagi itu jam 10 saya cek out dari resort, dan melanjutkan perjalanan ke Lombok tengah. Namun, karena hujan, lagi-lagi saya tidak bisa menikmati keindahan Lombok tengah dengan lama. Nah sekalian kita balik ke tempat asal kita dan menuju bandara, alangkah baiknya kita menyempatkan berjalan jalan mengelilingi wisata di Lombok tengah guys, seperti pantai tanjung aan, pantai kuta, bukit merese, desa adat sade, dan kawasan mandalika.

Tips travelling mandiri:

1. Siapkan mental yang kuat dan fisik yang sehat
  2. Cari rental motor dan mobil yang sudah terpercaya, mungkin bisa lihat cerita orang di google dan kemudian booking online jauh hari sebelum kalian berangkat
  3. Pastikan sudah booking hotel + pesawat pp agar menghindari kekurangan uang dan pastinya lebih hemat jika langsung booking ke 2 nya
  4. Pastikan sudah memiliki paket internet dan pulsa
  5. Berliburlah dimusim kemarau (tidak hujan)