...

Pusat Bantuan

“Tentang Kami”


Siapa Open Trip ID?

Open Trip ID adalah layanan pemesanan paket open trip lewat website, serta aplikasi gratis di Android dan iOS. Berbasis operasional di Jakarta, Open Trip ID secara fokus membantu mengelola kebutuhan liburan ataupun perjalanan bisnis dengan menjadi “Holidays Becomes Easier” untuk wisatawan Indonesia.


Di mana alamat Open Trip ID?

Open Trip ID berkantor  di Arcade Business Center, PIK, Jl. Pantai Indah Utara 2 No.6-03, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460


Mengapa memesan di Open Trip ID?

Open Trip ID terhubung langsung ke lebih dari 50 Lokal Agent di seluruh Indonesia, lebih dari 35.000 pemesanan open trip, dan juga lebih dari 100.000 orang melakukan perjalanan open trip dengan Open Trip ID. Nikmati berbagai kemudahan dan penawaran menarik yang akan membuat liburan atau perjalanan bisnis Anda semakin praktis dan menyenangkan.


“Kontak”


Bagaimana saya dapat menghubungi Open Trip ID?

Untuk respon cepat, Anda dapat menghubungi kami di 0812 600 100 63. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan email ke hallo@open-trip.id.


“Pemesanan Saya”


Di mana saya dapat melihat riwayat pemesanan saya?

Anda dapat melihat riwayat pemesanan Anda dengan cara masuk menggunakan akun Open Trip ID terlebih dahulu, lalu pilih Reservasi Saya. Anda juga dapat melihat riwayat pemesanan Anda dengan klik langsung riwayat yang ingin Anda lihat disini.


“Pembayaran”


Apa jenis pembayaran yang disediakan oleh Open Trip ID?

Open Trip ID memiliki beragam metode pembayaran yang dapat Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Bank transfer : BRI, CIMB Niaga, Danamon, Hana Bank, Mandiri, Maybank, Permata Bank, BCA, BNI, ATM Bersama.
  • ATM transfer : ATM Bersama, Prima, ALTO, Bank Permata
  • Kartu kredit : Visa, Master Card, JCB, Amex 3D Secured.
  • Pembayaran di swalayan (Alfamart & Indomaret – Soon)
  • Pay Later : bekerjasama dengan INDODANA

Penting Anda ketahui, pastikan Anda hanya melakukan transfer hingga 3 digit akhir untuk dapat diproses oleh sistem kami.


Dimana saya dapat melakukan konfirmasi pembayaran setelah pembayaran?

Sistem kami akan melakukan otomatis konfirmasi pembayaran setelah anda melakukan pembayaran yang dapat anda lihat pada email atau pada akun anda. Namun anda juga dapat melakukan konfirmasi pembayaran, apabila anda belum menerima konfirmasi terkait pembayaran anda disini.


Apa saja jenis kartu kredit yang dapat digunakan di Open Trip ID?

Saat ini, kami sedang melakukan kerjasama melalui kartu kredit Visa, Master Card, dan JCB.


Berapa lama E-Booking saya terima setelah menyelesaikan pembayaran?

Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan menerima E-Booking/tiket elektronik melalui email dalam waktu kurang dari 3 jam. Terkadang, E-Booking/tiket elektronik masuk ke bagian Junk atau Spam pada email Anda, sehingga kami menyarankan Anda untuk melakukan pengecekan juga pada folder tersebut.
Bila lebih dari 3 jam Anda belum mendapatkan E-Booking/tiket elektronik, Anda dapat langsung menghubungi Customer Service kami di 0813 8884 8830 (pukul 09.00-19.00) atau email hallo@open-trip.id.


Apa perbedaan antara metode pembayaran Bank Transfer dan ATM Transfer?

Metode pembayaran Bank Transfer adalah pembayaran dengan melakukan transfer ke akun rekening bank yang dimiliki oleh Open Trip ID. Proses transfer tersebut dapat dilakukan melalui semua channel pembayaran bank seperti ATM, setor tunai, internet banking, serta SMS ataupun mobile banking.
Sedangkan metode pembayaran ATM Transfer adalah pembayaran yang dilakukan dengan melakukan transfer ke akun Open Trip ID (Mandiri/ BCA), yang pada umumnya dilakukan dengan menggunakan mesin ATM.
Perbedaan lainnya adalah metode pembayaran Bank Transfer di Open Trip ID hanya berlaku pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, sedangkan untuk ATM Transfer berlaku 24 Jam.


“Promosi”


Apa yang dimaksud dengan promosi Open Trip ID?

Promosi Open Trip ID adalah suatu kegiatan baik dari internal Open Trip ID maupun kerja sama dengan pihak ketiga (hoster/penyelanggara, bank, dll) untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada pelanggan Open Trip ID. Promosi umumnya berlaku dalam waktu tertentu dan jumlah manfaat untuk pelanggan berbeda pada setiap promosinya.


“Kupon”


Apakah yang dimaksud dengan kupon Open Trip ID?

Kupon Open Trip ID adalah kupon atau kode tertentu yang dapat berfungsi sebagai potongan harga untuk pemesanan paket open trip di Open Trip ID.


Bagaimana cara mendapatkan kupon Open Trip ID?

Ada berbagai cara mendapatkan kupon Open Trip ID, baik dari promosi yang kami sampaikan di website, event yang kami gelar di social media, dan kupon yang kami distribusikan melalui newsletter kami.


Bagaimana saya bisa mendapatkan poin Open Trip ID?

Anda mendapatkan poin Open Trip ID setiap memesan open trip. Kami menawarkan cashback dalam bentuk poin senilai Rp 30.000 untuk dikonversikan menjadi 1 poin Open Trip ID dari nilai pemesanan, usai open trip tersebut digunakan. 1 poin Open Trip ID = Rp 100. Semakin banyak open trip yang anda selesaikan, semakin banyak poin yang anda raih.


Bagaimana saya bisa menggunakan poin?

Ketika anda sudah mengumpulkan poin setelah mengikuti open trip, anda bisa gunakan untuk pemesanan anda selanjutnya.


Berapa lama poin berlaku?

Poin berlaku sampai dengan 31 Desember, 1 tahun setelah tahun anda menerima poin. Misalnya poin yang diterima pada 1 Jan 2018 akan berlaku sampai 31 Des 2018. Poin yang diterima pada 31 Des 2019, akan berlaku sampai 31 Des 2019. Poin akan kadaluwarsa secara otomatis.


Bagaimana saya bisa menukarkan kode promo?

Pada website atau aplikasi Open Trip ID, cukup klik untuk memasukkan kode promo di bagian “Coupon” saat checkout atau anda bisa tap ‘Masukkan Kode Promo’ pada halaman berikutnya.

Setelah itu, masukkan Kode Promo dan tap ‘Tukarkan’ untuk menggunakan penawaran khusus yang sesuai dengan pemesanan anda.

Diskon akan secara otomatis memotong total harga pemesanan, sebelum anda menuju ke halaman pembayaran. Mohon cek bahwa diskon telah berhasil digunakan sebelum anda mengkonfirmasi pembayaran.


Open Trip

“Pemesanan”


Bagaimana cara memesan open trip dari Open Trip ID?

Anda dapat memesan Open Trip di Open Trip ID seperti pada panduan berikut.


“Harga Open Trip”


Apakah harga yang ada di website atau aplikasi adalah harga akhir?

Harga yang tertera adalah harga akhir dengan fasilitas yang didapatkan sesuai dengan masing-masing tempat paket open trip.


“Fasilitas”


Bagaimana saya tahu ada fasilitas apa saja yang disediakan dalam open trip?

Anda dapat mengetahui fasilitas yang didapat secara lengkap dengan melihat di detail fasilitas untuk masing-masing paket open trip. Detail fasilitas ada di halaman detail masing-masing tujuan open trip.


“Konfirmasi Pembayaran”


Saya sudah melakukan pembayaran, bagaimana saya melakukan konfirmasi?

Anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran melalui www.open-trip.id/konfirmasi.


Bagaimana saya mengetahui bahwa konfirmasi saya telah sukses?

Anda akan menerima email konfirmasi pemesanan dari Open Trip ID.


Saya sudah mengonfirmasi pembayaran namun tidak menerima email konfirmasi, apa yang harus saya lakukan?

Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan menerima E-Booking/tiket elektronik melalu email dalam waktu kurang dari 3 jam. Terkadang, E-Booking/tiket elektronik masuk ke bagian Junk atau Spam pada email Anda, sehingga kami menyarankan Anda untuk melakukan pengecekan juga pada folder tersebut.
Bila lebih dari 3 jam Anda belum mendapatkan E-Booking/tiket elektronik, Anda dapat langsung menghubungi Customer Service kami di 0813 8884 8830 (pukul 09.00-19.00) atau email hallo@open-trip.id.


Bagaimana jika belum melakukan pembayaran dan batas waktu sudah habis?

Pemesanan Anda dianggap batal. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun dan dapat melakukan pemesanan ulang.


Bagaimana jika saya telah melakukan pembayaran tetapi melebihi batas waktu yang telah ditentukan?

Silakan menghubungi Customer Service kami di 0813 8884 8830 atau email reservasi@open-trip.id.


Bagaimana jika saya telah melakukan pembayaran, namun tidak melakukan konfirmasi?

Untuk metode pembayaran bank transfer, Anda HARUS mengonfirmasikan pesanan melalui www.open-trip.id/konfirmasi ataupun melalui Customer Service kami di 0813 8884 8830.


“Pembatalan, Perubahan Jadwal, dan Refund”


Bagaimana cara untuk membatalkan pesanan saya?

Anda dapat membatalkan pesanan melalui Customer Service kami di 0813 8884 8830 atau email ke reservasi@open-trip.id.

Pembatalan dapat dilakukan paling lambat H-14 sebelum tanggal keberangkatan. Anda akan mendapatkan full payment atas pembayaran anda.

Namun jika anda melaukan pembatalan di bawah H-14 dari sebelum tanggal keberangkatan, maka pembayaran anda tidak dapat dikembalikan.


Apakah saya akan dikenakan biaya jika membatalkan pesanan?

Kebijakan pembatalan untuk open trip tidak dikenakan biaya sama sekali. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui kebijakan pembatalan pesanan melalui Customer Service kami. Dengan ketentuan yang akan di jelaskan pada “Refund” di bawah ini.


Apakah saya mendapatkan uang yang telah saya bayarkan sebelumnya untuk pengajuan refund terkait pembatalan?

Kebijkan refund adalah sebagai berikut :

  1. Jika pembatalan paling lambat dilakukan 14 hari sebelum tanggal keberangkatan, maka uang yang telah anda bayarkan kepada Open Trip ID akan dikembalikan full (100%) dari yang sudah anda bayarkan.
  2. Jika pembatalan dilakukan dibawah 14 hari sebelum tanggal keberangkatan, maka uang yang telah anda bayarkan kepada Open Trip ID tidak dapat dikembalikan atau hangus.

Bagaimana cara saya mengajukan refund?

Setelah anda berencana dan memutuskan untuk membatalkan pesanan anda, segeralah menghubungi kami untuk mengajukan refund uang anda melalui cs kami melalui email reservasi@open-trip.id dengan subjek : Pembatalan & Refund. Sertakan juga nomor pesanan anda beserta bukti transaksi atau email konfirmasi pembayaran anda sebelumnya untuk mempercepat proses pengembalian dana (refund) dari Open Trip ID ke akun rekenning anda.


Berapa lama proses pengembalian dana masuk ke rekening saya?

Lamanya proses pengembalian dana adalah paling lambat 14 hari kerja (Senin – Jumat) sejak tanggal diajukan refund terkait pembatalan.


Apa saja persyaratan untuk refund?

Untuk metode pembayaran melalui rekening bank, maka kami memerlukan data rekening meliputi nama bank, nomor, nama pemilik, dan cabang tempat rekening dibuka. Sedangkan untuk pembayaran menggunakan kartu kredit akan dikembalikan secara otomatis ke kartu kredit.
 

Bagaimana saya mengetahui bahwa pembatalan pemesanan saya berhasil atau tidak?

Anda akan menerima pemberitahuan pembatalan melalui email.


Apakah saya dapat mengatur penjadwalan ulang (reschedule) tanggal keberangkatan saya?

Anda dapat melakukan penjadwalan ulang (reschedule) tanggal keberangkatan anda melalui email reservasi@open-trip.id dengan mencantumkan nomor pesanan anda (Contoh : #9999) dan tanggal yang diinginkan untuk tanggal keberangkatan.


Apakah saya akan dikenakan biaya untuk penjadwalan ulang pesanan?

Penjadwalan ulang tidak dikenakan biaya.


Bagaimana saya mengetahui bahwa proses penjadwalan ulang pesanan berhasil atau tidak?

Anda akan menerima pemberitahuan penjadwalan ulang melalui email yang kami kirimkan.


“Permintaan Khusus”


Apakah saya dapat mengajukan permintaan khusus hoster? (Misal upgrade kamar, dll)

Kami akan menyampaikan permintaan khusus ini kepada pihak hoster, namun permintaan tersebut dapat dipenuhi atau tidak, bergantung pada keputusan hoster dengan menyesuaikan atau memberikan penyesuaian harga pesanan terkait permintaan khusus.


 

“Anak & Balita”


Berapa usia minimal anak, bayi atau balita yang diperbolehkan mengikuti open trip?

Umumnya kami menyarankan minimal usia 3 tahun untuk dapat mengikuti open trip.


Apakah ada perbedaan harga untuk anak, bayi atau balita untuk mengikuti open trip?

Umumnya setiap destinasi tur memiliki kebijakan yang berbeda. Anda dapat menemukan pada masing-masing destinasi untuk harga anak/balita,