Event Budaya 2020 yang Layak Kamu Kunjungi

Jalan-jalan ke satu tempat yang sedang ada event budaya, kenapa enggak? Pasti banyak pengalaman yang kamu dapatkan dan rasa cinta kamu di destinasi itu bisa jauh lebih dalam.

Di tahun 2020 ini banyak event budaya yang bisa kamu kunjungi. Beberapa diantaranya bahkan berskala nasional dan internasional. Misalnya Jember Fashion Carnaval, acara karnaval populer yang menarik banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Apa Sih yang Harus Kamu Siapkan Sebelum ke Yogyakarta?

Banyak event tahunan dengan pengunjung membludak. Seenggaknya, kamu harus satu kali seumur hidup datang ke acara-acara besar skala nasional kayak gitu. Di sana kamu pasti akan merasakan atmosfer wisata yang berbeda sama sekali.

Kali ini, Open-Trip.id akan menunjukan lima event budaya yang masuk 10 Top CoE 2020 yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata. Yuk dicek.

1. Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali 2019 (Foto: Instagram/sandhiandika_)

 

Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2020 bakal diadakan pada 13 Juni – 11 Juli 2020, inget-inget, ya!. Tahun ini mengangkat tema ‘Atma Kertih: Penyucian Jiwa Paripurna’. Atma Kertih yang dimaknai sebagai penyucian jiwa paripurna. Enggak kebayang kan gimana serunya, ditambah dengan suasana Pulau Dewata yang kental banget nuansa wisatanya.

Pesta Kesenian Bali (PKB) ini isinya parade atau festival kesenian yang diprakarsai Pemerintah Provinsi Bali. Di sana kamu bisa ikut pawai, parade, lomba, pagelaran, pameran, sarasehan, dan pelatihan. Seru deh pokoknya!

2. Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval (Foto: Instagram/jemberfashioncarnaval)

 

Kamu wajib tahu festival tahun satu ini. Rencananya JFC diselenggarakan tanggal 6-9 Agustus 2020. Jember masuk Provinsi Jawa Tengah, hampir ada di ujung timur Pulau Jawa. Di sana banyak tempat wisata terkenal terutama pantai-pantainya yang indah.

Baca juga: Yuk Kenali Perbedaan Open Trip dan Private Trip

Jakarta Fashion Carnaval masuk agenda karnaval terbesar ketiga di dunia. Hebatkan? Even budaya ini diisi dengan beragam pameran fashion dan kebudayaan. Jember Fashion Carnaval dapat diikuti di jalanan sepanjang lebih dari tiga kilometer. Kalau kamu lihat foto-foto di bulan Agustus dengan kostum jumbo yang meriah, berseliweran di media sosial, bisa jadi itu dari festival ini.

3. F8 Festival

F8 Festival

F8 Festival (Foto: Instagram/mybothsides)

 

Festival yang diadakan di Pulau Sulawesi ini jangan sampai kelupaan. F8 masuk acara tahunan di Makassar yang memadukan semua potensi kreatif lokal. Maksud huruf ‘F’ di sini yaitu kegiatan yang dimulai dengan huruf itu, seperti fashion food, fiction writers and fonts, fine art, folks, fusion music, flora dan fauna, serta film. Huruf F semua, kan?

Kalau kamu bisa ke acara ini, pasti keren banget. Acaranya sangat kental tradisi serta budaya lokal yang disajikan dalam satu panggung berlatar alam. Tahun lalu, F8 digelar pada 11-13 September, jadi catat tanggal-tanggal itu ya.

4. Tomohon International Flower Festival

Tomohon Flower Festival

Tomohon Flower Festival (Foto: Instagram/xaverinni)

 

Ingat Tomohon mungkin kamu langsung sebut bunga atau pasar tradisional. Ya? Kota di Sulawesi Utara ini memang daerah terkenal sejak zaman Belanda. Lewat Tomohon event budaya International Flower Festival, kamu bakal tahu gimana kerennya Tomohon.

Tomohon International Flower Festival masuk rangkaian acara seni budaya berskala internasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tomohon. Peserta Festival Bunga Tomohon berasal dari berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara. Tomohon International Flower Festival rencananya digelar di pertengahan Agustus.

5. Sanur Village Festival

Sanur Village Festival

Sanur Village Festival tahun 2019 (Foto: Instagram/sanurfestival)

 

Bali tentu tak akan habis dieksplorasi. Pantai, gunung, kuliner, semuanya sangat mengagumkan. Dan jangan lupa juga, tak lengkap dateng ke Bali tanpa datang ke event budaya keren di sana. Salah satunya Sanur Village Festival.

Jadi, Sanur Village Festival ini pesta rakyat tahunan yang isinya gabungan dari berbagai kegiatan skala besar. Kamu akan melihat pameran ekonomi kreatif, makanan, atraksi seni budaya, musik, berbagai kontes dan lomba.

Misalnya festival layang-layang, Sanur Creative Expo, parade budaya, kompetisi jukung, dialog budaya, sanur run, Sanur Village Cycling Tour, aksi untuk bumi, music and art performance. Wow, keren-keren banget. Tahun lalu, acaranya digelar pada 21-25 Agustus.

Itulah beberapa event budaya yang enggak boleh kamu lewatkan. Open-Trip.id harap kamu bisa menikmati acara-acara itu dengan menyenangkan, selamat jalan-jalan! (*)

Baca juga: 5 Spot Menarik di Kepulauan Derawan

Main Menu