Dieng Culture Festival 2020 Diadakan Secara Virtual

Dieng Culture Festival di tahun 2020

DCF 2020 dilaksanakan secara virtual selama 2 hari pada 16 hingga 17 september 2020. Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendukung acara tahunan ini digelar secara virtual. Pelaksanaan DCF 2020 secara virtual ini, merupakan bentuk pelestarian tradisi dan budaya di tengah pandemi Covid-19. “Konsep ini menyesuaikan SOP Penanganan Covid-19,” ujar Alif Faozi, Ketua Panitia Dieng Culture Festival saat audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada Senin (14/09) dikutip dari instagram @visitjawatengah.

Alif menjelaskan bahwa kegiatan akan dibuka pada Rabu (16/9) pagi dengan beberapa agenda. Agenda tersebut seperti seminar webinar, penampilan kesenian tradisi, kemudian dilanjutkan pada malam hari dengan pertunjukan musik jazz di atas awan. Keesokan harinya, puncak acara DCF 2020 diisi dengan tradisi potong rambut gimbal. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendukung kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual. Dan juga berharap event virtual tersebut tetap memiliki daya tarik meski harus disaksikan lewat media sosial.

“Itu bagus dilaksanakan secara virtual. Tidak harus datang untuk menyaksikannya,” tegas Ganjar Pranowo.

 

BACA JUGA :

Siap-siap transaksi Cashcless di Jogja!

 

parade di dieng culture festival

KEGIATAN DIENG CULTURE FESTIVAL 2020

Dieng Culture Festival merupakan salah satu event wisata unggulan Jawa Tengah dan masuk Top 100 National Calendar of Events 2020 Kemenparekraf RI. Event ini selalu dinanti oleh para wisatawan. Hal ini dilihat dari antusiasme audiens yang selalu menunggu dan bertanya, “Kapan DCF 2020?”. Pertanyaan tersebut membuat panitia DCF bersemangat untuk tetap menghadirkan DCF 2020 secara virtual. Dan kerennya acara Dieng Culture Festival 2020 akan menghadirkan ‘Dieng’ ke rumah wisatawan melalui streaming dari platform digital. Asikkan!!

Acara lain yang selain Jazz Atas Awan, DCF 2020 virtual yang kemungkinan akan berlangsung selama dua hari (16-17 september 2020) juga akan diadakan webinar yang bertujuan untuk diskusi budaya. Untuk kegiatan seperti Aksi Dieng Bersih, akan dilakukan secara langsung namun hanya oleh panitia DCF dan Dinas Pariwisata tanpa mengundang masyarakat. Nah untuk ritual adat pencukuran rambut gimbal seperti yang Alif katakan : “Kemungkinan dilakukan di salah satu rumah pemangku adat dengan tetap jaga jarak. Biasanya sampai 10–11 anak, mungkin sekarang hanya satu dan maksimal tiga yang kita cukur,” tutur Alif.

BACA JUGA :

Naik KRL tiap hari? Cek disini Aturannya!

Sebelumnya, event tahunan Dieng Culture Festival 2020 dibatalkan atau ditiadakan untuk dilaksanakan dikarenakan Covid-19. Oleh karena itu untuk tahun 2020, acara DCF akan dilaksanakan secara virtual.

Ikut Dieng Trip : Dieng Start Jakarta

Main Menu