Apa Itu Open Trip dan Perbedaan Dengan Private Trip

Berkembangnya era internet di Indonesia semakin memperkenalkan istilah open trip. Bentuk wisata satu ini juga digemari oleh generasi muda, khususnya generasi milenial. Selain mempermudah dalam menentukan jadwal liburan, Open Trip juga membuat biaya yang dikeluarkan menjadi lebih hemat.

Apa sebenarnya open trip ini? ” Open trip adalah perjalanan wisata yang dilakukan bersama-sama baik dengan teman maupun orang lain, tetapi itinerary, jadwal dan failitas sudah ada dan ditentukan oleh pihak hoster/ penyelengara Open Trip. Selain itu, dalam Open Trip, berapapun peserta dapat bergabung di jadwal suatu destinasi bersama-sama dengan peserta lainnya.

Biasanya harga open trip memang lebih murah karena memutuskan sendiri dan menyesuaikan bujet sehinggan menjadi pilihan dan banyak diambil oleh anak muda milenial. Open Trip lebih digandrungi oleh anak muda yang tidak mengutamakan kenyamanan dan fasilitas saat berwisata. Dari segi agen perjalanan/ penyelenggara Open Trip, lebih mudah dalam memenuhi kuota peserta, sedangkan dari segi traveller memudahkan karena tidak perlu cari orang banyak agar bisa wisata.

Sejak 2010, era kemunculan media sosial juga menjadi penanda pertumbuhan open trip. Wisata ala open trip sangat sesuai untuk menjelajah wilayah Indonesia yang masih minim informasi mengenai transportasi, akomodasi, dan hal lainnya.

Sedangkan untuk Private Trip sendiri adalah Jenis liburan yang melakukan sebuah perjalanan hanya dengan kelompok orang yang Traveler tentukan dengan bantuan Travel Agent, sehingga bersifat private. Untuk kota destinasi dan tanggal keberangkatan yang menentukan adalah pihak traveler, dan travel agent akan mencoba mengakomodir seluruh kebutuhan dari traveler. Karena bersifat private, biasanya trip ini akan lebih mahal dibandingkan dengan paket Open Trip. Selain itu traveler juga harus memastikan berapa orang peserta yang sudah pasti ikut perjalanan agar mendapatkan paket semurah mungkin. Semakin sedikit jumlah orang dalam Private Trip, semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan, dan sebaliknya.

Sebagai gambaran mengapa Private Trip lebih mahal dari Open Trip sebagai berikut. Jika dalam Open Trip total biaya trip yang dibutuhkan adalah Rp 30.000.000 dan di bagi oleh jumlah peserta 15 orang maka, harga/ biaya yang dikeluarkan oleh peserta Open Trip adalah Rp 1.500.000/ orang yang dikeluarkan oleh masing-masing peserta yang mendaftar pada suatu destinasi dan tanggal Open Trip tersebut. Jika dibandingkan dengan Private Trip, memang lebih mahal dibandingkan dengan Open Trip dikarenakan biaya yang dikeluarkan dibagi dengan jumlah orang dalam Private Trip.

Biaya yang dibutuhkan disesuaikan dengan jumlah orang dalam hal, Transportasi, Makan dll.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan perbedaan antara Open Trip dengan Private Trip. Tunggu apa lagi segera pesan Open Trip di Open Trip ID.

Share:
Share on Google+
Instagram

Leave a Comment

X