...

Jelajahi Tempat Wisata Bersejarah di Bandung yang Bisa Membangkitkan Nasionalismemu!

53
0
Tempat Wisata Bersejarah di Bandung

Tempat wisata bersejarah di Bandung ada banyak lho. Bandung, dikenal dengan julukan “Kota Kembang,” bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan sejarahnya yang kaya. Kota ini menyimpan banyak tempat wisata bersejarah yang menghadirkan pesona masa lalu. Jika Anda adalah seorang pecinta sejarah atau hanya ingin mengenal lebih dekat sejarah Bandung, berikut adalah 10 tempat wisata bersejarah di Bandung yang sebaiknya Anda kunjungi.

Tempat-tempat wisata bersejarah di Bandung

Museum Konferensi Asia-Afrika

Gedung Asia Afrika
Foto Gedung Asia Afrika. Sumber: Unsplash

Salah satu tempat bersejarah yang paling terkenal di Bandung adalah Museum Konferensi Asia-Afrika atau yang memiliki nama lain Gedung Merdeka. Museum ini adalah saksi bisu dari Konferensi Asia-Afrika yang bersejarah pada tahun 1955. Anda dapat menjelajahi berbagai artefak dan dokumentasi yang menggambarkan momen bersejarah tersebut.

Taman Pramuka

Taman Pramuka Bandung
Foto Taman Pramuka Bandung. Sumber: Detik.com

Taman ini adalah tempat bersejarah di mana pertemuan pertama Gerakan Pramuka Indonesia dilakukan pada tahun 1961. Taman ini juga memiliki monumen yang mengenang momen bersejarah tersebut. Lokasi taman ini berada di Jl. LLRE Martadinata (Jl. Riau) yang juga merupakan salah satu pusat keramaian Kota Bandung. Sepanjang jalan ini terdapat banyak tempat wisata kuliner yang tentunya akan menjadi pelengkap yang baik setelah kita selesai mengunjungi Taman Pramuka.

Gedung Sate

Gedung Sate Bandung
Foto Gedung Sate Bandung. Sumber: Unsplash

Gedung Sate adalah salah satu ikon arsitektur di Bandung. Bangunan ini memiliki arsitektur art deco yang memukau dan memiliki makna historis sebagai kantor pemerintahan pada masa Hindia Belanda. Gedung ini dibangun sebagai kantor Departemen Badan Usaha Milik Negara Hindia Belanda (Department van Gouvernementsbedrijven)

Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga Bandung
Foto Museum Sri Baduga Bandung. Sumber: bandung.go.id

Museum ini mengungkap sejarah dan budaya Sunda. Anda dapat menemukan berbagai artefak dan informasi menarik tentang peradaban Sunda di sini. Museum Sri Baduga akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mempelajari sejarah di Jawa Barat. Museum ini didirikan sejak tahub 1974 dan namanya diambil dari nama seorang raja Padjajaran yaitu Sri Baduga Maharaja Ratu Haji yang sempat memerintah pada tahun 1482-1521 Masehi. Sebelum dinamakan Sri Baduga, dahulu museum ini dikenal juga sebagai Museum Negeri Provinsi Jawa Barat. Museum ini merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Bandung yang harus Anda kunjungi untuk melengkapi daftar wisata Anda!

Braga Street

Braga
Foto Jalan Braga. Sumber: Unsplash

Jalan Braga adalah jalan bersejarah yang penuh dengan bangunan tua dan butik-butik yang bersejarah. Ini adalah tempat yang tepat untuk merasakan nostalgia masa lalu Bandung. Selain tempat bersejarah, di sini banyak tempat untuk berwisata kuliner lho!

Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas
Foto Taman Lalu Lintas. Sumber: Disbudpar Bandung

Taman Lalu Lintas atau yang memiliki nama resmi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution merupakan sebuah taman rekreasi di Kota Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 1958. Awalnya taman ini merupakan taman biasa bernama Insulinde Park, namun pada tahun 1950-an dicetuskan konsep taman yang menyediakan fasilitas rekreasi dan edukasi berlalu-lintas bagi anak-anak. Taman ini memiliki sejumlah replika kendaraan lalu lintas bersejarah yang menarik untuk dilihat. Ini adalah tempat yang bagus untuk mengajak anak-anak belajar sejarah lalu lintas.

Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api
Foto Monumen Bandung Lautan Api. Sumber: Humas Kota Bandung

Monumen ini mengenang pertempuran heroik Bandung Lautan Api selama Perang Kemerdekaan Indonesia. Ini adalah tempat yang layak dikunjungi untuk menghormati para pahlawan yang berjuang di masa lalu.

Jelajahi keindahan dan makna historis dari 10 tempat wisata bersejarah di Bandung ini. Dengan melihat jejak masa lalu kota ini, Anda dapat lebih memahami perkembangan dan perjuangan yang telah membentuk Bandung menjadi kota yang kita kenal hari ini. Selamat menjelajahi!

Penutup

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Bagaimana tidak, begitu banyak kejadian bersejarah yang terjadi di sini. Bagi kamu Anda yang gemar mengunjungi tempat bersejarah, pastikan Kota Bandung masuk ke dalam daftarmu!

Umar Dary Muhammad
WRITTEN BY

Umar Dary Muhammad

Orang biasa yang ingin memiliki karya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *